Popular Post

Selasa, 25 Februari 2014



Diriwayatkan oleh ibnu syaibah dengan sanad shahih dari riwayat Abu salih as saman dari Malik ad dar seorang bendahara Umar yg berkata;

"Masyarakat mengalami paceklik pada zaman(kekhalifahan) Umar. Lantas, seseorang datang ke maqam Nabi SAW. Seraya berkata, "Ya Rasulullah mohonkanlah(kepada Allah SWT) hujan utk umatmu, karena mereka hendak binasa.'' kemudian lelaki itu bermimpi(bertemu Nabi SAW)dalam tidurnya lalu beliau bersabda,'temuilah Umar!'..."Saif juga meriwayatkan hadits tersebut dalam kitab al futuh:sesungguhnya lelaki yang bermimpi tadi adalah Bilal ibnu al harits almuzanni, salah seorang sahabat."
(HR Bukhari)

Pada hadits lain
Dari Daud bin abu shalih berkata,"suatu hari Marwan melihat seseorang menghempaskan wajahnya di atas kuburan Nabi SAW.'hai sadarkah apa yg kamu perbuat? seru marwan sambil menghampirinya.Ternyata orang yg dia ajak bicara adalah Abu Ayyub.
'tentu' jawab dia. 'yang aku datangi adalah Rasulullah SAW BUKAN BATU! Aku mendengar Rasulullah saw bersabda:

janganlah kalian bersedih jika agama di urus oleh ahlinya, tapi bersedihlah jika agma ditangani oleh bukan ahlinya."
(HR Ahmad,Hakim, Thabrani dll)

Hadits ini menandakan kebiasaan para sahabat yg senang mengadukan masalahnya kepada Rasulullah dikuburnya. Ini adalah hal yg dibolehkan. Inilah akhlaq salaf, bahwa mendatangi kuburan utk mengeluh kepada orang yg dicintai(dan kita pun mengetahui org itu dicintai Allah semasa hidupnya, dengan kita melihat akhlaq maupun ibadahnya) adalah boleh, meskipun telah wafat. Hal yang seperti ini bukanlah meminta kepada kuburan.
Sering kita ditanya, kenapa tidak meminta langsung kpda Allah?
Sebagai jawban lihat apa yg dilakukan oleh sayyidina Abu Ayyub, kenapa beliau tdk langsung kpda Allah ? ini menandakan kebolehan hal itu,karena urusan mengeluhkan dan mencari wasilah untuk menuju Allah, seperti halnya kita mengeluh kepada para pewaris Nabi (ulama) atau para wali-wali Allah.

Pada kitab ar-raudh al fiqh, al-qatstalani , kan zul ummah hadits no 10442 dan pada kitab lainnya menyebutkan:

sayyidina Ali bin abi Thalib mengatakan,'3 hari setelah aku menguburkan Rasulullah saw,seorang badui menemui kami kemudian dia menghempaskan dirinya di atas makam Rasulullah Saw. Dan menaburkan tanahnya di atas kepalanya. 

Lalu badui itu berkata:wahai Rasulullah, tuan bersabda, aku dengar. Tuan mengingatkanku tentang Allah, aku mengingatNya. Di antara wahyu yg diturunkan kepada tuan adalah: sesungguhnya jikalau ketika mereka menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun utk mereka, tentulah mereka mendpati Allah Maha penerima taubat lagi Maha penyayang.'aku telah menganiaya diriku. Untuk itu, aku menghadap kepada tuan agar memohonkan ampun(kepada Allah) untukku.'tiba-tiba ,seakan-akan terdengar sebuah seruan dari dalam kubur,'Allah telah mengampuni dosamu!'

Alhafizh ibnu asakir dalam kitab tuhfah meriwayatkan dari thahir bin yahya al-husaini, dari ayahnya, dari kakeknya, dari ja'far ibnu Muhammad dari ayahnya dari sayyidina Ali k.w. Berkata," setelah Rasulullah saw dikebumikan, sayyidah Fatimah berdiri didekat makamnya. Dia mengambil segenggam tanah, lalu meletakkannya di atas pelupuk matanya. Dia meluapkan kesedihannya dengan sebuah syair:

"apa salahnya orang yg mencium tanah pusara Ahmad(Rasulullah Saw).
Orang yg berhati kelam takkan menciumnya ,sampai kapanpun.
Musibah demi musibah terus menimpaku.
Andai saja musibah itu hanya di siang hari,
Niscaya indahnya malam akan kembali"

Sementara itu, Al-khatib bin jamaah mengatakan bahwa sayyidina Abdullah bin Umar ra menempelkan tangan kanannya di atas pusara Rasulullah. Bahkan, sayyidina Bilal ra malah menempelkan pipinya.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Al Qur'an - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -